Pencegahan Batu Empedu

Ginjal adalah sepasang organ yang berbentuk seperti kacang merah di rongga perut bagian belakang. Ginjal adalah “mesin” pengatur air dan pencuci darah dalam tubuh. Ginjal bisa menyaring 1,3 liter darah setiap menit. Semua darah yang berada dalam tubuh mengalir melewati ginjal setiap 10 menit sekali, artinya darah disaring 150 kali sehari

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya batu ginjal. Diantaranya :

  • Waspada terhadap infeksi saluran cerna, diketahui bahwa di Indonesia, penyebab paling sering terjadinya batu adalah infeksi. Bila terdapat infeksi di saluran cerna, misalnya ada diare, disentri, tifus dan kalau ada radang di usus besar, radang usus buntu atau liver, harus ditangani dengan tuntas. Seringkali penderita merasa nyaman jika meneruskan pengobatan, padahal bisa jadi kuman masih ada, hanya berdiam diri. Kondisi ini misalnya terjadi pada penyakit tifus.
  • Gaya hidup juga harus diubah, dengan mengurangi konsumsi lemak, santan, atau goreng-gorengan. Perbanyak makan buah, sayuran dengan kandungan serat tinggi yang sangat dibutukan oleh tubuh.
  • Mempertahankan berat badan ideal juga merupakan salah satu strategi. Caranya dengan diet dan berolahraga teratur.
  • Hindari “crash diet”. Mengurangi asupan makanan secara drastis. Jika ingin menurunkan berat badan, cobalah secara bertahap dan sistematis

=====================================

>>> Obat Batu Ginjal Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Batu Ginjal and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *